5 Kalimat Penting Untuk Diingat Setiap Menemui Kegagalan

5 Kalimat Penting Untuk Diingat Setiap Menemui Kegagalan

5 Kalimat Penting Untuk Diingat Setiap Menemui Kegagalan
Kamu baru menghadapi kegagalan saat mengusahakan sesuatu yang ingin kamu capai? Entah itu rencana merampungkan skripsi yang terpaksa molor atau gagal masuk ke sekolah favorit yang selama ini kamu idam-idamkan, kegagalan bisa berbentuk apa saja. Dan itu bisa membuat kamu merasa down. Pasalnya sudah begitu banyak waktu, energi, dan emosi yang kamu curahkan untuk mencapai keinginanmu. Wajar kalau kamu ingin segalanya berjalan sesuai rencana. Tetapi mau bagaimana lagi kalau ternyata kenyataan berbicara lain.


Down sesaat boleh, tetapi jangan sampai putus asa, ya. Perhatikan baik-baik lima kalimat berikut dan ingat-ingat lagi setiap kamu mengalami kegagalan.



1. Kegagalan merupakan pembelajaran

Kegagalan merupakan sukses yang tertunda. Kalimat ini mungkin terdengar klise, tetapi seratus persen benar. Kegagalan merupakan bagian dari proses trial and error dalam hidup. Sama seperti eksperimen yang gagal, kesalahan itu memberikan bahan pembelajaran bagi kamu untuk mencoba metode yang lain.

Dengan mengalami kegagalan kamu jadi tahu di mana letak kesalahanmu dan bagaimana cara untuk memperbaikinya. Dan dengan serangkaian kegagalan yang kamu alami, keberhasilan yang kamu raih di ujung usahamu akan terasa lebih manis. 

2. Kegagalan melatih mental
Kegagalan memang terasa menyakitkan. Tetapi percayalah, itu akan membuatmu menjadi lebih kuat seiring waktu. Setiap murid perlu ujian untuk membuktikan kalau mereka mampu menerima pelajaran di kelas yang lebih tinggi. Dan kegagalan ini merupakan ujian untuk membuktikan kalau kamu adalah orang yang punya kapasitas untuk menghadapi tantangan yang lebih berat. Semakin besar kesuksesan yang mau kamu capai, semakin besar pula tantangan yang harus kamu hadapi.

Anggap saja kegagalan yang kamu rasakan sekarang sebagai latihan mental yang nantinya akan menjadikan kamu tahan banting menghadapi tantangan hidup.

3. Semua orang pernah gagal
Kegagalan seringnya bikin kamu merasa sendirian dan hidup ini tidak adil. Tetapi coba lihat sekitarmu. Setiap orang pernah mengalami kegagalan seperti kamu. Bukan cuma kamu yang apes.

Lihat orang-orang hebat yang harus menjalani proses jatuh bangun berkali-kali sebelum meneguk manisnya kesuksesan. Dan kalau mereka bisa bangkit dari kegagalan, kamu juga bisa.

4. Tetap optimis adalah separuh jalan menuju keberhasilan
Tahu, nggak berpikir optimis itu modal penting untuk meraih kesuksesan. Meskipun kamu dihadapkan pada kegagalan berkali-kali, kalau kamu bisa menanggapinya dengan cara positif, maka kamu akan menemukan jalan untuk bangkit.

Kesuksesan itu milik orang-orang yang optimis. Jadi jaga agar pikiran-pikiran pesimis jangan sampai melunturkan semangatmu.

5. Tak ada yang bisa dilakukan untuk mengubah masa lalu
Kalau semua kalimat di atas masih gagal juga untuk memotivasi kamu, ingat baik-baik yang satu ini. Kegagalan yang kamu alami adalah bagian dari masa lalu yang sudah terlanjur terjadi, tak bisa diubah lagi.

Tanggung jawabmu bukan kepada hari kemarin yang tidak bisa diapa-apakan lagi. Jadi yang bisa kamu lakukan adalah move on dari kegagalan itu dan mencoba lagi. Entah itu mencoba mencapai keinginan yang sama atau mencoba mencapai tujuan-tujuan baru, semuanya terserah kamu.

Itulah lima kalimat penting yang perlu kamu ingat-ingat setiap kegagalan mendatangi. Tetap semangat, ya.

Sumber : Merdeka

Admin ROTASSI
Previous
Next Post »
Thanks for your comment