5 Langkah Sederhana Untuk Temukan Bakat Dan Minat

5 Langkah Sederhana Untuk Menemukan Bakat Dan Minat

5 Langkah Sederhana Untuk Temukan Bakat Dan Minat - Semua orang tentunya ingin bekerja di bidang yang mereka sukai atau menekuni sebuah profesi yang sesuai dengan bakat mereka masing-masing. Dan Anda pun tentunya sama. Tetapi bagaimana kalau Anda belum menemukan bidang yang menjadi minat dan bakat Anda?

Pernah kah terpikir kalau Anda tidak punya minat dan bakat untuk ditekuni? Semua orang pada dasarnya mempunyai minat dan passion yang bisa dijadikan keahlian kok. Mungkin Anda cuma belum menemukannya. Karena itu temukan sekarang juga. Berikut ini ada beberap Tips Sederhana Untuk Membantu Menemukan Bakat Dan Minat Anda.

1. Mencari Tahu
Anda pasti punya rasa ingin tahu terhadap beberapa hal di sekitar Anda. Biasanya Minat dimulai dari rasa ingin tahu. Cari tahu segala hal yang membuat Anda penasaran. Setelah itu, temukan bidang yang berkaitan dengan objek rasa penasara Anda itu dan gali lebih dalam. Mulailah dengan mempelajari hal yang menurut Anda paling menarik dan mengundang rasa ingin tahu.

Anda juga bisa memulainya dari orang-orang yang Anda kagumi. Misalnya saja Anda terkesan dengan tulisan-tulisan novelis seperti Dee atau puisi Pablo Neruda. Atau Anda mengidolakan Lionel Messi.

2. Cobalah Sekarang Juga
Menemukan bidang yang bisa memancing rasa ingin tahu Anda saja tidak ada gunanya kalau Anda tidak mencoba untuk melakukannya. Biasanya kalau sudah sampai tahap ini Anda suka cari-cari alasan untuk menunda mencobanya.

Tidak perlu banyak pertimbangan. Coba saja segala hal yang menjadi minat Anda. Nantinya Anda akan menemukan satu bidang yang paling Anda sukai.

3. Lakukan Yang Terbaik
Meskipun Anda masih dalam tahap pencarian, lakukan ekplorasi Anda dengan sebaik-baiknya. Kalau Anda sedang mencoba menjadi seorang penulis misalnya, buatlah tulisan sebaik-baiknya. Begitu juga kalau Anda sedang menjajaki bidang olah raga tertentu. Jangan malas belajar dan berlatih. Sebab saat usaha keras Anda berbuah manis nanti, Anda akan semakin semangat untuk menjalaninya.

4. Temukan Hal Menarik Di Dalamnya
Saat sedang mengekplorasi bidang tertentu, tak jarang ada rasa jenuh membuat Anda ingin menyerah di tengah jalan. Untuk mempertahankan semangat Anda, coba cari hal-hal menarik yang Anda temukan selama dalam proses eksplorasi Anda. Ingat hal menyenangkan apa saja yang Anda alami.

5. Jangan Takut Untuk Menjalani
Setelah menemukan hal yang menjadi minat utama, bisa Anda pelajari dan kembangkan menjadi bakat, kadang Anda masih ragu untuk serius menjalaninya. Penyebabnya bisa macam-macam. Ketidaksetujuan orang tua, pendapat meremehkan orang lain, atau kekuatiran Anda sendiri terhadap masa depan Anda.

Mengejar passion sebagai pilihan hidup itu memang bukan hal mudah. Pasti ada proses jatuh-bangun yang harus Anda lalui sebelum mencapai kesuksesan. Jangan takut untuk menjalaninya. Tetap semangat dan percaya diri bahwa Anda bisa, ini sangat membantu Anda menemukan bakat Anda sendiri. Yakinkan diri Anda sendiri, bahwa Anda bisa melakukannya.


Itulah 5 langkah untuk menemukan minat dan bakat Anda. Selamat melakukan pencarian minat dan bakat Anda. 

Sumber : Merdeka

Admin ROTASSI
Previous
Next Post »
Thanks for your comment