6 Langkah Membuat Dan Mencapai Tujuan Hidup


6 Langkah Membuat Dan Mencapai Tujuan Hidup - Apakah Anda tahu tujuan hidup Anda? atau Anda hanya sekedar menjalaninya begitu saja? Dan Anda membiarkan begitu saja hari demi hari, minggu demi minggu dan tahun berlalu begitu saja tanpa da tujuan yang pasti dalam hidup Anda? Dan begitu juga bagi Anda yang mempunya tujuan tapi tidak ada rencana sama sekali itu pun sama saja, semua akan sia-sia dan kehidupan Anda akan berlalu tanpa ada tantangan dan moment-moment dalam hidup Anda. 
"Tujuan hidup tanpa rencana hanyalah keinginan" (Antoine de Saint Exupery)
Jadi mulai sekarang berhentilah berharap dan mulailah untuk bertindak. Pertanyaannya adalah bagaimana seseorang bisa menetapkan tujuan hidupnya? Berikut ini ada tip yang kami berikan untuk Anda. 6 Langkah Membangun dan Membuat Serta Mencapai Tujuan Hidup. 

1. Tentukan Apa Yang Anda Inginkan Dalam Hidup Anda Ketika Anda Tua Nanti
Pada saat itu, apa yang akan menjadi penting bagi Anda? Pertimbangkan hal-hal berikut : Rohani, dan Etika, Keluarga dan Rumah, Keuangan dan Karir, Jasmani dan Kesehatan, Sosial dan Budaya serta Mental dan Pendidikan. Untuk Memperoleh kehidupan yang seimbang, semua ini harus dipertimbangkan. Apa yang akan menjadikan Anda bahagia agar Anda dapat meninggal dengan tenang? Pertimbangkan apa yang Anda inginkan, bukan apa yang ingin Anda tinggalkan.

Berdo'alah untuk hal ini
Pertimbangkan setiap bidang kehidupan anda secara terpisah dan tulislah gol-gol yang jelas dan dapat diukur

Catatlah
Jika Anda merasa baik tentang hal itu, catatlah dengan cara yang positif. Jangan menulis apa yang tidak Anda inginkan, tetapi menulislah secara positif. Mencatat membuat semuanya nyata. Ini adalah gol-gol hidup Anda, tujuan Anda.

2. Lihatlah Dimana Anda Ingin Berdiri 5 Hingga 10 Tahun Dari Sekarang
Apa yang bisa Anda lakukan saat ini untuk mencapai gol-gol disetiap bidang? Ini hendaknya menjaga Anda tetap dijalan menuju tujuan Akhir Anda.

Sertakan Rincian
Anda tahu tujuan Anda tetapi itu selalu membantu untuk tiba ditempat tujuan Anda jika Anda punya peta. Isilah peta perjalanan Anda dengan lebih banyak rincian. Apa yang ingin Anda capai saat ini?

Kumpulkan Dukungan
Berbagilah gol-gol Anda dengan orang-orang disekeliling Anda. Temukan kelompok pendukung Anda dan tetaplah berhubungan dengan mereka. Jangan biarkan sikap negatif dari keluarga, teman dan tetangga menjauhkan Anda dari gol-gol Anda.

3. Putuskan Dimana Anda Ingin Berada 3 Tahun Dari Sekarang
Apa yang dapat Anda lakukan agar Anda dapat mencapai tujuan Akhir Anda? Anda akan mengalami banyak kemajuan apabila gol-gol Anda semakin terperinci

4. Buatlah Rencana Untuk Satu Tahun, Rencana Enam Bulan Dan Rencana 1 Bulan
Buatlah rencana gol yang semakin kecil yang hendaknya bisa Anda capai untuk saat ini dan masing-masing harus berdasarkan rencana sebelumnya

5. Buatlah Daftar Tugas Untuk Dilakukan Hari ini Dan Minggu Ini
  • Jadilah spesifik 
  • Ukurlah gol Anda dengan upaya yang sesuai, bukan dengan hasil. Karena ada banyak hal yang berada diluar kendali kita
  • Pastikan semua dapat dicapai tetapi juga tidak terlalu mudah 
  • Berikan penghargaan pada diri sendiri atas gol-gol yang lebih besar yang telah Anda capai
  • Kemudian lacaklah pencapaian Anda

6. Kaji Ulang Dan Sesuaikan
Belajarlah dari pengalaman hidup yang telah Anda lalui. Evaluasi menjadi sangat penting, evaluasi kembali rencana dan tindakan apabila diperlukan untuk melihat apakah itu masih konsisten dengan keingin dan visi misi Anda. Sekarang Anda punya visi misi jangka pendek dan jangka panjang, Selalu berikan motivasi pada diri anda, jika ada rencana yang tidak sesuai dengan yang anda rencanakan, maka jangan berkecil hati, lakukan kembali dihari esok dan pastikan Anda pada target Anda. Selalu berfikir positif adalah penting untuk menstabilkan hati dan dan rencana Anda. Jika Anda menemukan kegagalan dan rintangan, maka cobalah untuk mencari rute alternatif lain tetapi tetaplah pada tujuan dan terget Anda maka Anda pasti akan berhasil

Sumber : Keluarga

Admin ROTASSI
Previous
Next Post »
Thanks for your comment